Makanan Pelancar ASI dari Buah-Buahan yang Segar

Makanan Pelancar ASI dari Buah-Buahan yang Segar

Pemberian ASI perlu diberikan sejak bayi lahir sampai minimal berusia 6 bulan. Tujuannya tentu saja agar asupan nutrisi bayi terpenuhi dan tumbuh kembangnya dapat optimal. Buat Anda yang memiliki masalah dengan ASI bisa mengonsumsi makanan pelancar ASI dari buah-buahan yang segar. Ini pilihan buah yang dapat Anda konsumsi selama masa menyusui.

  1. Pepaya

Buah Pepaya merupakan jenis buah yang mudah didapatkan dan harganya juga murah. Buah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan kalium pada tubuh, sehingga tidak cepat lelah. Salah satu penyebab terjadinya masalah pada ASI adalah faktor stres.

Kondisi ini dapat Anda atasi dengan mengonsumsi Pepaya. Kandungan yang ada pada pepaya akan membuat Anda tetap segar dan bertenaga meskipun selesai menyusui bayi. Kandungan kalium pada Pepaya juga 50% lebih banyak dari Jeruk.

  1. Semangka

Anda yang sedang dalam kondisi menyusui memerlukan kandungan vitamin A lebih banyak di dalam tubuh agar ASI dapat diproduksi dengan baik. Anda bisa memilih Semangka untuk dikonsumsi karena memiliki kaya akan vitamin A dan memiliki kandungan air yang tinggi. Jadi selama masa menyusui tidak akan terjadi masalah dehidrasi.

  1. Jambu Air

ASI yang diberikan kepada bayi salah satunya untuk memberikan sistem kekebalan tubuh yang baik. Anda membutuhkan kalsium dan kandungan vitamin A yang cukup agar bisa memberikan sistem kekebalan tubuh terbaik untuk bayi. Kandungan ini bisa didapatkan dari Jambu air. Daya tahan tubuh yang terjaga akan melindungi bayi dari berbagai masalah infeksi penyakit.

  1. Labu

Buah lainnya yang dapat menjadi makanan pelancar ASI adalah buah Labu. Anda yang memiliki ASI sedikit pun dapat meningkat ketika mengonsumsi buah Labu. Ada banyak jenis Labu yang dapat menjadi pilihan yaitu labu botol, labu siam, dan labu kuning.

Selain melancarkan ASI, kandungan pada Labu juga bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit yang dialami. Labu juga memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Anda dapat mengonsumsinya sesuai selera menjadi berbagai olahan makanan.

  1. Jagung

Buat Anda yang suka dengan Jagung, jangan ragu untuk mengonsumsi lebih banyak lagi saat sedang menyusui. Jagung memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang dapat membantu memperbanyak ASI, sehingga menjadi lancar.

Anda dapat mengonsumsinya menjadi camilan sehari-hari tanpa efek samping. Jagung bisa didapatkan dengan mudah dah harganya yang juga terjangkau. Anda dapat pula menjadikan Jagung sebagai jus yang diminum secara rutin selama masa menyusui.

Buah-buahan ini dapat Anda pilih mana yang terasa khasiatnya paling banyak sebagai makanan pelancar ASI. Jika bisa lakukan pergantian dalam mengonsumsinya agar tidak merasa bosan. Anda bisa menghentikannya jika ASI sudah mulai melimpah atau berlebih dari kebutuhan bayi. Pastikan juga saat mengonsumsi buah sudah dalam keadaan yang dicuci bersih tanpa residu.

shares