Cara Alami Untuk Mengatasi Sembelit

Cara Alami Untuk Mengatasi Sembelit

Olahraga, kebiasaan makan, usia, jenis kelamin, dan status kesehatan Anda semua memengaruhi jumlah buang air besar yang Anda alami pada hari tertentu. Meskipun tidak ada jumlah gerakan buang air besar yang harus dilakukan seseorang, tidaklah normal dan mungkin berbahaya untuk buang air besar sebanyak tiga kali atau lebih sedikit per minggu.

Seringkali, sembelit menyebabkan buang air besar yang tidak hanya jarang, tetapi juga sulit untuk dilewati. Hal ini menyebabkan tekanan yang berlebihan dan waktu yang dihabiskan di toilet. Penyebab sembelit bervariasi. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh hal-hal seperti dehidrasi atau makan makanan dengan serat terlalu sedikit. Dalam kasus lain yang lebih serius, sembelit dapat disebabkan oleh stres, perubahan hormon, cedera tulang belakang, masalah otot, kanker, dan masalah struktural lainnya yang mempengaruhi saluran pencernaan. Berbagai upaya dilakukan untuk menerapkan cara mengatasi sembelit.

Salah satu faktor terbesar dalam sembelit adalah diet. Makan makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran mentah dan biji-bijian, membantu membuat Anda tetap buang air besar secara teratur. Minum cukup cairan juga penting. “Serat itu menahan air di usus sehingga bisa bercampur dengan feses dan membuatnya lebih lunak,” kata Dr. Rosenberg.

Penyebab lain dari sembelit seperti :

  • obat-obatan

Contohnya seperti penghilang rasa sakit narkotika, antidepresan, antasida yang mengandung aluminium, obat tekanan darah, obat untuk penyakit Parkinson, dan suplemen zat besi

  • kurang berolahraga secara teratur
  • penyakit seperti diabetes atau kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme).

Cara mengatasi sembelit berikut bisa Anda coba :

  1. Suplemen serat

Suplemen serat sudah tersedia dan efektif dalam menginduksi pergerakan usus jika diet rendah serat adalah penyebab sembelit Anda. Mereka bekerja dengan menambahkan curah, atau volume. Cara ini membantu mendorong tinja melalui usus dan keluar dari tubuh Anda.

  1. Makan satu porsi makanan tinggi serat

Cobalah makanan yang kaya serat ini : gandum, roti gandum atau sereal, sayuran dan buah berserat, nasi dan kacang. Pastikan untuk minum banyak air dengan makanan-makanan ini, karena akan lebih jauh mendorong kotoran Anda melalui sistem Anda.

  1. Minumlah segelas air

Konsumsi air yang benar biasanya setidaknya delapan gelas 8 ons cairan bening per hari untuk diperlukan untuk buang air besar normal. Jika Anda sembelit dan mengonsumsi segelas besar air atau cairan bening lainnya dapat memicu buang air besar.

  1. Ambil stimulan pencahar

Stimulan pencahar dirancang untuk memaksa buang air besar dengan meremas usus. Anda bisa mendapatkan stimulan di apotek lokal. Beberapa opsi populer termasuk : bisacodyl (Dulcolax, Ducodyl, Correctol) dan senna-sennosides (Senokot).

  1. Ambil osmotik

Obat pencahar osmotik bekerja sedikit berbeda dari obat pencahar stimulan. Mereka dirancang untuk membantu memindahkan cairan melalui usus besar. Beberapa contohnya termasuk : magnesium hydroxide (Susu Phillips dari Magnesia), polietilen glikol (MiraLAX), magnesium sitrat,  lactulose (Kristalose). Dengan resep dokter, Anda dapat memperoleh polietilen glikol berkekuatan lebih tinggi, juga disebut PEG (Golytely, Nulytely).

  1. Pencahar pelumas

Obat pencahar pelumas seperti minyak mineral menambahkan lapisan yang licin ke dinding usus Anda, memungkinkan tinja bergerak melalui usus besar dan keluar dari tubuh Anda dengan lebih mudah. Minumlah minyak mineral tidak lebih dari dua jam setelah makan malam Anda.

  1. Gunakan pelunak tinja

Salah satu penyebab sembelit yang umum adalah dehidrasi, yang dapat menyebabkan tinja keras. Menggunakan pelunak tinja, seperti docusate sodium (Colace) atau docusate calcium (Surfak), dapat melembabkan tinja dengan menarik air dari usus Anda. Ini memungkinkan tinja keluar dari tubuh Anda dengan lebih mudah.

  1. Enema

Ada beberapa jenis enema yang bisa Anda coba. Enema bekerja dengan melunakkan feses yang cukup untuk menghasilkan buang air besar. Beberapa jenis enema yang umum termasuk natrium fosfat (Armada), sabun, dan enema air keran.

  1. Supositoria

Supositoria rektal juga membantu mendorong buang air besar dengan melunakkan feses. Cobalah gliserin atau supositoria bisacodyl, yang dapat Anda temukan di apotek setempat.

  1. Berolah raga

Cara mengatasi sembelit yang terakhir adalah olahraga. Olahraga ringan, seperti berjalan atau jogging, dapat mendorong buang air besar dengan meningkatkan aliran darah ke seluruh perut Anda.